Sunday, May 06, 2007

Pulang

Kematian bisa datang kapan saja, masalahnya adalah bagaimana kita mempersiapkan diri menerimanya. Apa yang terjadi sesaat ketika roh berpisah dari jasad, merupakan tanda tanya besar. Tidak ada satu orang pun yang dapat mendiskripsikan apa yang dialaminya saat ketika rohnya diangkat.

Saya percaya, membayangkan saat menjelang kematian dapat menjadi tolak ukur apa yang telah kita buat di dunia untuk dibawa ke akhirat. Cobalah untuk merenung sejenak saja, sejenak saja ketika sulit tidur, sejenak saja ketika lagi tidak banyak kegiatan di kantor dan waktu-waktu senggang lainya. Renungkan apa yang ada dalam bayangan kita jika saat itu juga kita harus 'pulang'. Mungkin akan muncul bayangan ketakutan akan kesalahan yang telah kita perbuat, ketakutan akan amal ibadah yang masih kurang, ketakutan akan hati yang belum bersih.

Dengan memikirkan sesaat sebelum kita dipanggil, moga dapat menjadi cara untuk introspeksi keimanan, untuk menjadi lebih baik. Saya percaya, mereka yang tersenyum saat meninggal dunia, mereka diperlihatkan perbuatan baik yang mereka perbuat, dan mereka tersenyum dan puas karena dengan bekal tersebut mereka siap untuk menemui-Nya.

wallahu'alam

No comments: