Sunday, May 06, 2007

Menghitung Pahala

Pagi ini saya mulai menghitung pahala kembali, pahala apa saja yang saya lakukan mulai dari brangkat ke kantor sampai sekarang posting blog ini. Pahala pagi ini mulai dari tersenyum pada tetangga ketika manasin motor, baca do'a ketika mau brangkat, mendahulukan mobil lain ketika berpapasan di pertigaan, atau menyalip bapak-bapak yang lagi ngantar 3 anaknya dengan sangat hati-hati.

Menghitung pahala bukan untuk tujuan hitung-hitungan dengan Tuhan, atau bukan juga untuk tujuan ria, berbangga diri, tapi lebih secara pisikologis memacu untuk lebih banyak lagi berbuat kebaikan. Mengingat perbuatan baik, biasanya akan memberikan kepuasan batin tersendiri, sehingga kita akan terpacu untuk meraih kepuasan tersebut lebih banyak lagi dengan selalu berbuat baik.

Suatu pahala tidak harus berupa tindakan-tindakan besar berupa zakat atau ibadah seperti shalat dan puasa. Contoh diatas cukup menggambarkan, betapa hal kecilpun jika dilakukan dengan ikhlas, adalah suatu pahala. Ikhlas pun bukan suatu ucapan 'saya ikhlas', tapi berasal dari hati, semakin bersih hati semakin mudah untuk berbuat ikhlas.

So, udah berbuat baik apa aja pagi ini?

No comments: